Senator Casey dan Perwakilan Cartwright telah lama berkomitmen untuk memulihkan layanan kereta penumpang di wilayah tersebut
SCRANTON – Perwakilan AS Matt Cartwright (PA-8) menyebutnya sebagai momen “paku emas”.
Cartwright mengumumkan pada hari Selasa bahwa pembangunan layanan kereta penumpang Amtrak antara Scranton dan Kota New York akan dimulai dengan pemasukan dana federal sebesar $9 juta melalui program hibah Peningkatan Infrastruktur dan Keselamatan Kereta Komprehensif (CRISI).
Cartwright menyerahkan paku emas kepada para pejabat selama konferensi pers di Scranton Trolley Museum untuk memperingati berita tersebut.
“Sekarang, semua orang yang mengenal saya tahu bahwa saya adalah penggemar sejarah,” kata Cartwright. Salah satu pencapaian teknologi terbesar pada abad ke-19 adalah pembangunan jalur kereta api lintas benua pertama di Amerika Serikat pada tahun 1869. Gold Spike adalah paku emas seremonial 18 karat yang digunakan oleh Union Pacific Railroad dari Sacramento dan Omaha di di Cape Summit di Wilayah Utah.
Setelah Cartwright menerima pelajaran sejarah ini, dia membagikan Paku Emas kepada semua rekan Pejuang Kereta Api, termasuk Senator AS Bob Casey, Walikota Scranton Paige Cognetti, Sekretaris Departemen Transportasi Negara Bagian Pennsylvania Mike Carroll, CEO Kereta Api Pennsylvania Timur Laut Larry Malski dan Amtrak Eastern Direktur Pengembangan Jaringan Joseph Barr.
“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Anda semua karena menjaga program kereta penumpang kami tetap berjalan sesuai rencana,” kata Cartwright. “Dengan hibah CRISI senilai $9 juta ini, kita akan memiliki lebih banyak momentum untuk menyelesaikan pekerjaan.”
Malsky mengatakan penghargaan senilai $9 juta ini akan memulai perbaikan rel kereta api dan peningkatan jalur yang telah lama dibutuhkan untuk memulai proses pemulihan layanan antar masyarakat melalui Jalur Lackawanna Cutoff. Pendanaan tersebut berasal dari program hibah CRISI, yang dimungkinkan oleh Undang-Undang Investasi Infrastruktur dan Ketenagakerjaan (IIJA) yang diperjuangkan Casey dan Cartwright untuk disahkan.
Manfaat ekonomi
Para pejabat mengatakan layanan kereta api langsung antara Scranton dan New York dapat menghasilkan aktivitas ekonomi tahunan hingga $84 juta, menurut sebuah studi Amtrak.
“Saya telah menghabiskan seluruh karir saya di Senat bekerja untuk memulihkan layanan kereta api antara Scranton dan New York, dan investasi dalam Undang-Undang Infrastruktur berarti kita sekarang semakin dekat untuk mencapai tujuan tersebut,” kata Senator Casey dan dari New York akan menjadi sebuah perubahan besar bagi wilayah kita, yang berarti lebih banyak waktu bersama keluarga, lebih banyak investasi ekonomi, dan lebih banyak lapangan kerja. Saya tidak akan berhenti memperjuangkan kereta ini sampai kereta ini tiba di Scranton. Masyarakat di wilayah ini layak mendapatkan layanan ini.
Menteri Carroll mengatakan proyek ini telah dibuat selama bertahun-tahun, namun “sekarang kami sedang dalam perjalanan”.
Cartwright, anggota Komite Alokasi DPR, mengatakan memulihkan layanan kereta penumpang telah menjadi tujuan utama anggota kongres tersebut sejak dia terpilih.
“Itulah mengapa saya senang bisa mengumumkan bahwa kita semakin dekat dengan realisasi proyek kereta penumpang,” kata Cartwright. “Menghubungkan wilayah kami ke wilayah metropolitan utama melalui sistem yang ramah penumpang dan lancar akan menjadi sebuah hal yang transformatif. Hal ini akan menciptakan lapangan kerja, meningkatkan kualitas hidup dan memberikan pilihan perjalanan yang nyaman bagi para komuter, mahasiswa, dan wisatawan -kesempatan seumur hidup untuk membuat perubahan bagi wilayah kita.
Layanan kereta api sebelumnya beroperasi langsung antara Scranton dan New York, tetapi dihentikan pada tahun 1970.
Pada Juli 2022, Cartwright mencapai kesepakatan dengan Gubernur Tom Wolf untuk menyediakan dana pendamping sebesar $3,7 juta untuk membeli 43.000 sambungan guna meningkatkan jalur di sisi Pennsylvania.
Gubernur Josh Shapiro setuju untuk menyediakan $125 juta dana pendamping lokal untuk memungkinkan PennDOT mengajukan aplikasi ke Federal Railroad Administration dan mencari sponsor bersama dari New Jersey Transit (NJT).
“Di bawah kepemimpinan Gubernur Shapiro dan Menteri Transportasi Pennsylvania Mike Carroll, permohonan telah diajukan dan New Jersey memang menjadi co-sponsor,” kata Cartwright.
Cartwright mengatakan program tersebut kini telah menerima lebih dari $20 juta dana federal dan negara bagian untuk memulihkan jalur kereta penumpang. Ini termasuk $3 juta dalam pendanaan RACP dari Gubernur Shapiro dan Departemen Transportasi Pennsylvania; $3,65 juta lainnya dari pemerintahan Wolf sebelumnya; $2 juta dari Senator Casey dan tambahan $1,6 juta dari pendanaan program komunitas. Selain itu, Amtrak menyediakan $500.000 dan Federal Railroad Administration menyediakan $500.000.
“Dan lebih banyak pendanaan federal dan negara bagian akan datang,” kata Cartwright.
Malsky menjelaskan, proyek tersebut kini siap berpindah dari rencana tahap pertama ke tahap kedua.
“Ini uang konstruksi,” kata Malski. Ini akan menjelaskan rincian seperti stasiun; seberapa sering kereta akan beroperasi; fasilitas apa yang akan disediakan; peningkatan apa yang diperlukan; dan berapa biaya proyek secara keseluruhan.
Barr mengatakan proyek ini merupakan bagian penting dari rencana jangka panjang Amtrak untuk menggandakan layanan penumpang.
Walikota Cognetti berterima kasih kepada Presiden Biden dan pemerintahannya karena telah memajukan rencana tersebut.
Cartwright menambahkan: “Kini kita mempunyai kesempatan sekali seumur hidup untuk melakukan beberapa perubahan terhadap perekonomian dan kualitas hidup di wilayah kita.”
Hubungi Bill O'Boyle di 570-991-6118 atau di Twitter @TLBillOBoyle.